Kamis, Oktober 29, 2009

Ledakan Meteorit di Teluk Bone



“Tanah-tanah dan bangunan bergetar, langit bergemuruh serta suara ledakan yang kencang”. Itulah yang dirasakan oleh warga yang berdomisili di Bone, Sulawesi Selatan tepatnya yang berada di sekitar Tanjung Bone pada 8 oktober 2009 lalu. Awalnya, mereka mengira itu adalah gempa bumi atau ledakan pesawat. Ternyata ledakan tersebut akibat dari jatuhnya meteorit yang berasal dari asteroid berdiameter 10 meter ke bumi.

Ledakan ini terjadi karena tekanan atmosfer bumi yangmenyebabkan pelepasan energy yang besar. Kecepatan jatuhnya meteorit tersebut sekitar 73.080 km per jam. kekuatan ledakan berkisar 50.000 ton TNT (trinitrotoluena) dan dapat didengar hingga jarak 10.000 mil. Atau, dua sampai tiga kali lipat lebih kuat dari ledakan bom atom yang terjadi di Perang Dunia ke-II.Ledakan tersebut terjadi di ketinggian sekitar sekitar 12 km di atas permukaan laut sehingga tidak ada kerusakan yang terjadi di daratan.

Untung saja ukuran meteorit hanya 10 meter bila ukuran meteorit mencapai 30 meter maka akan mengakibatkan kerusakan yang besar. Namun berdasarkan populasi meteorid-asteroid di antariksa di dekat bumi, memiliki kemungkinna jatuh di bumi 2setiap 2 sampai 12 tahun. Tapi event unik seperti ini masih membutuhkan observasi lebih lanjut untuk menjelaskannya.


sumber: http://kompas.co/sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar