Sabtu, Oktober 10, 2009

tips merawat komputer

di jaman sekarang ini komputer sudah menjadi hal penting bagi setiap sii kehidupan. Lihat saja semua orang pasti menggunakan komputer,, entah hanya untuk main games atau mengerjakan tugas-tugas. Biarpun komputer hanya benda mati tapi perlu juga di rawat biar tidak mudah rusak dan tahan lama
di dalam merawat komputer ada dua sisi yang harus kita perhatikan yaitu dari sisi software dan dari sisi hardwarenya

yang pertama dari sisi softwarenya. Software adalah perangkat lunak yang ada dalam komputer berupa program-program dan aplikasi-aplikasi. Hal ini penting banget untuk diperhatikan karena software yang mendukujg kerja komputer itu sendiri.
Nih, beberapa cara merawat software komputer :
  • defrag hardisk secara berkala
penting sekali kita mendefrag harddisk karena hal ini karena file-file dalam harddisk sudah tertata rapi akan enak dilihat dan memudahkan kita mencari file yang diinginkan. Fungsi dari defrag itu sendiri adalah mengurutkan dan menata file-file dalam harddisk bedasarkan jenisnya sehingga memudahkanproses read/write dan beban kerja jadi lebih ringan dan memperpanjang umur harddisk.
cara mendefrag harddisk : klik menu Start > Program >Accesories >System Tool > Disk
ada hal yang harus kita perhatikan saat mendefrag harddisk yaitu kita tidak boleh menjalankan program lainnya termasuk screensever karena akan mengacaukan proses defragnya.
  • Tutup program yang sudah tidak digunakan.
Sering bangat nih kita tidak menutup dulu program yang sudah tidak di pakai. Bukanya ditutup, tapi kadang-kadang kita langsung buka program yang lain lagi. Tahu g sih??!! setiap program yang kita jalankan itu membutuhkan memory penyimpan sementara atau RAM jadi semakin banyak program yang kita jalankan semakin banyak juga memory yang tersita. Dan ini yang membuat komputer suka LoLa (Loding Lama) karena beban kerja komputer jadi semakin berat dan bisa membuat penduk umur komponen-komponen komputernya.
  • Unistall program-program yang sudak tidak akan dipakai lagi
setiap program yang kita pakai akan menyita momory pada harddisk,, jadi bila memory harddistnya terlalu penuh akan memperlambat proses read/write harddisk dan kembali lagi ke beben kerja si harddisk yang jadi semakin berat dan dapat membuatnya cepat rusak. Jidi kalau ada program yang sudah tidak kita pakai lagi lebih baik kita unistall aja :)
  • bereskan Recycle Bin
sebenarnya file atau data yang sudah kita delete tidak langsung hilang tapi ditampung dulu di Recycle Bin, hal ini supaya bila suatu saat ternyata file yang sudah kita hapus masih bisa kita butuhkan dapat kita kembalikan lagi. Tapi bila Recycle bin terlalu penuh akan menyita ruang pada harddisk juga yang bisa membuat harddisk jadi lambat.
sebaiknya kita harus memberekan Recycle Bin secara rutin, ada beberapa cara untuk membersihkan Recycle Bin:
  1. Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin
  2. menggunakan fungsi disk cleanup
  • lengakapi dengan antivirus
"mencegah lebih baik dari pada mengobati",, supaya komputer kita tidak kena virus lebih baik kita lengkapi dengan antivirus dan kita scan secara berkala biar komputer terhindar dari virus

selain sofware, hardware juga perlu dirawat apalagi ia adalah bentuk fisik dari komputer yang bisa keliatan bersih atau tidaknya. Beberapa cara merawat hardware :
  • bersihkan motherboard dan periferal lain secara rutin
sebaikanya kitabersihakan setidaknya 6 bulan sekali biar tidak berdebu. caranya buka casingnya dulu kemudian bersihkan motherboard dan komponen-komponen lain (RAM, CDR/CDRW/DVRW, Sound card, Modem, TV tunner Vidio Card) dengan sikat halus.
bila komputer sedang tidak di pakai lebih baik di tutup dengan cover agar debu tidak masuk ke dalam komputer

  • ventilasi yang cukup
tempatkan monitor dan CPU secara teratur agar vertilisasi udara dari monitor ke CPU lancar. Karena vertilisasi yang kuran baik bisa menyebabkan panas yang belebihan sehingga sehingga komponen elektronik di dalamnya cepat panas dan mudah rusak. Makanya jika perlu pasang AC atau kipas angin di dalam ruangan
  • pakai Stavolt
dengan mengunakan starvolt atau UPS kita dapat mengantisipasi turu naiknya tegangan listrik sehingga pada saat listrik mati tidak menyebabkan harddisk menjadi rusak.
  • jangan meletakan magnet di dekat monitor
jangan sekali-kali meletakan benda yang mengandung magnet di sekitar monitor karena kan mempengaruhi warna monitor menjadi tidak rata dan belang-belang

Nah,,itulah sedikit tips untuk merawat komputer,, So, dirawat ya komputernya biar selalu "sehat" dan enak saat dipakai :)


sumber : http://tips-trik-komputer.blogspot.com/2007/07/tips-merawat-komputer.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar