Minggu, Januari 03, 2010

apa yang harus dilakukan oleh manajer ??

seorang manajer harus memiliki perencanaan yang bagus untuk meningkatkan performa unit manufacturing pada perusahaannya. Perencanaan yang dilakukan oleh manajer tersebut harus dapat sesuai dengan tujuan yang diingikan perusahaan sehingga dapat memenuhi targetnya. beberapa hal yang harus dilakukan oleh manajer antara lain:


SDM ( sumber Daya Manusia )
percuma saja suatu perusahaan memiliki manajer yang hebat dan memiliki kemajuan teknologi yang canggih tapi tidak memiliki SDM (sumber Daya Manusia) yang berkualitas maka perusahaan tersebut tidak akan maju. Maka dari itu tugas manajer adalah :
  • dapat memilih SDM bagi perusahaannya yang bekualitas, berdedikasi dan memiliki pengetahuan teknologi serta tak lupa memiliki atitut yang baik. Percuma apabila perusahaan memiliki SDM yang berkualitas tapi tak dapat diajak bekerjasama dan memiliki akhlak yang baik.
  • melatih dan melakukan training pada SDM dalam bidang teknologi komputer
  • manajer dapat menjalin kerjasama yang baik dan hubungan yang harmonis dan berkesinambungan dengan bawahannya. Sehingga dapat memotivasi bawahnya untuk bekerja dengan lebih baik lagi
  • melakukan evaluasi yang rutin pada setiap unit-unit perusahaan secara berkala

pangsa pasar
  • seorang manajer harus dapat memprediksikan pangsa pasar dalam jangka waktu panjang dan pendek
  • mengikuti perkembangan Pacar secara rutin
  • melakukan penigkatan kualitas dari produk dalam perusahaan sehinggadapat menarik perhatian pasar
  • menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan-perusahaan yang lain


menerapkan TML (Teknologi Manufacturing Lanjut) dengan jenis-jenis teknologi antara lain :
  1. CAM ( Computer Aided Manufacturing)
  2. CAE (Computer Aided Engineering)
  3. FMS ( Fleksibel Manufacturing System )
  4. CNC (Computerised Numerical-Control)
  5. MRPII ( Manufacturing Resource Planning)


menurut John P. Kontter yang harus dilakukan oleh manajer eksekutif adalah

  1. menetapkan agenda, yaitu menetapkan tujuan yang akan dicapi oleh perusahaan. ngenda yang digunakan adalah agenda jangka panjang dan agenda jangka pendek. agenda jangka panjang cenderung menjadi perkiraan (estimasi), dimana manager akan memperkirakaan apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam kurun waktu yang lebih lama. seperti gagasan umum mengenai produk yang akan dijial oleh perusahaan dalam waktu lima tahun mendatang. agenda jangka pendek bersifat lebih spesifik. manager hanya akan memikirkan apa yang akan dikerjakan oleh perusahaanya pada waktu sekarang sehingga perusahaan dapat meenuhi goal yang ingin dicapai.
  2. manajer eksekutif membuat jaringan hubungan yang kooperatif diantara orang-orang yang akan menjalankan angenda yang telah dibuat oleh manajar eksekutif. Ratusan atau ribuan anggota jaringan dapat dijumpai baik di dalam maupun diluar perusahaan. disini manajajer dituntut untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan anggota jaringan sehingga agenda yang sebelumnya telah ditetapkan dapat terpenuhi.
  3. manajer eksekutif bekerja untuk menetapkan lingkungan normal dan nilai yang benar, sehingga anggota jaringan dapat bekerja untuk mencapai yang telah ditetapkan dalam angenda. dalam proses ini manajer melakukan kontak faca to face dengan anggota jaringan sebanyak mungkin api ia juga harus tetap berwibawa dan memberikan tekan dan motivasi pada bawahannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar