Rabu, Februari 17, 2010

kenalan dengan symbian yuu!!!

Sebelumnya mungkin kita sering mendengar tentang symbian yang ada di handphone atau mungkin handphone kita sendiri ternyata mengunakan system operasi Symbian tapi kita mengetahui apa itu Symbian dan untuk apa Symbian ada di perangkat mobile kita.

Symbian adalah system operasi yang di desain untuk perangat bergerak (mobile) seperti ponsel dan PDA. Symbian di kembangkan oleh Symbian Ltd pada tahun 1998 yang merupakan bentuk kemitraan antara Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion. Sebelumnya kepemilikan sahan atas Symbian dimiliki oleh Nokia(56,3%), Ericsson (15,6%), Sony Ericsson (13,1%), Panasonic (10,5%) dan Samsung (4,5%). Namun sejak tahun 2008 seluruh saham Symbian dimiliki oleh Nokia.

OS Symbian sekarang ini banyak digunakan oleh berbagai produk peralatan komunikasi mobile. Hal ini dikarenakan Symbian memiliki antarmuka pemrograman aplikasi atau API (Aplication Programing Interface). API merupakan objek antarmuka yang didefinisikan pada aplikasi yang berisikan prosedur dan fungsi untuk mengelola dan memanggil (kernel) data dimana yang berfungsi sebagai penghubung antara software dan hardware. Hal tersebut memungkinkan API mendukung terhadap tingkah laku dan komunikasi yang umumnya terdapat pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Sehingga pihak pengembang dapat melakukan penyesuaian aplikasi yang dibuat agar dapat diinstal di berbagai jenis produk ponsel.

OS Symbian dapat melakukan berbagai operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori layaknya system operasi yang ada pada desktop. Multithreading dan multitasking disini dapat meberikan kemampuan symbian untuk dapat menjalakan lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Namun pada kenyataannya hal ini dapat dilakukan karena adanya preemptive multitasking kernel yang akan member tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemrosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga Nampak seolah-olah dieksekusi dalam waktu yang bersamaan. Sehingga sebelumya telah didefinisikan penjadwalan berdasarkan prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang akan dijalankan terlebih dahulu lalu proses berikutnya serta waktu yang diberikan untuk tiap-tipa pemrosesan.

Semua program pada Symbian dilakukan secara even-based, yaitu hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan yang berupa aktivitas tertentu. Tapi system operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada perangkat mobile yang memiliki keterbatasan sumber daya.

Secara umum arsitektur system operasi dari OS Symbian sendiri dapat gambarkan menjadi empat lapisan berdasarkan penggunaan API yang tersedia, yaitu :

· Lapisan pendukung aplikasi (Application Utility Layer)

Lapisan ini terdiri dari berbagai pendukung yang berorientasi pada aplikasi. Hal ini memungkinkan aplikasi lain (diluar sistem operasi) untuk berintegrasi dengan aplikasi dasar yang tersedia pada sistem operasi. Bentuk layanan lain termasuk proses pertukaran data dan manajemen data.

· Lapisan layanan dan framework antarmuka grafis (GUI Framework)

Lapisan ini merupakan framework API yang tersedia untuk memberi dukungan terhadap penanganan input user secara grafis maupun suara yang dapat digunakan oleh aplikasi lain.

· Lapisan komunikasi

Lapisan ini berfungsi sebagai sistem operasi yang fokus diimplementasi pada peralatan komunikasi mobile, Symbian OS memiliki kumpulan API yang fokus pada lapisan komunikasi. Bagian teratas pada lapisan ini terdapat dukungan pencarian dan pengiriman pesan teks. Berikutnya adalah antarmuka yang memberi dukungan komunikasi seperti Bluetooth dan infrared (IrDA) serta USB. Yang terakhir pada lapisan ini adalah protokol komunikasi berupa TCP/IP, HTTP, WAP dan layanan telepon.

· Lapisan sistem API dasar

Lapisan ini merupakan kumpulan API yang mendukung pengasksesan data memori, tanggal dan waktu, serta sistem dasar lainnya.

Versi OS Symbian ada banyak dari versi 6 hingga 9 tapi OS Symbian telah membuat sebuah kategori untuk pengelompokan OS menurut bentuk dan fungsinya daripada menurut versinya, hal ini dilakukan agar pengguna dan para developer tidak terlalu pusing dengan versi yang cukup bervariasi ini tapi cukup dengan mengerti tipe nya saja, contohnya adalah kelompok S60 (Series 60), S80, S90, UIQ 2.0 dan UIQ 3.0. Symbian tidak menyebut produk elektronik yang menggunakan OS nya sebagai PDA atau PDA phone tapi selalu menggunakan sebutan nama smartphone.

Namun saat ini source code untuk platform Symbian kini sudah menjadi open source, sehingga dapat digunakan secara gratis. Transaksi dari kode Symbian menjadi open source adalah yang pertama kali dalam sejarah software.Symbian yang menjadi power dari sebagian besar ponsel Nokia, telah berkembang di lebih dari 330 juta device di seluruh dunia. Namun, Nokia kemudian membuat Symbian Foundation untuk mendistribusikan platform etrsebut sebagai project open source, dan menjadi source code yang bisa di download gratis di tahun 2010 ini.

Sumber:

· http://id.wikipedia.org/wiki/Symbian_OS

· http://www.beritanet.com/Technology/Opensource/Free-Download-Symbian-OS.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar