Senin, Maret 08, 2010

kasus SIM???

"manajemen dan SIM II" adalah mata kuliah yang harus saya ikuti hari ini. padahal sih!! udah malas sendiri saya kuliah di tengah hari yang terik dan panasnya ruang kelas yang cuma pakai HEXOS alias "kipas angin terbalik". hufft!!
tapi untung saja ada yang membuat saya sedikit semangat :). dosen saya pada kuliahnya tak lagi menerangkan materi seperti biasanya. yang membuat saya kantuk tak terkira ..hhheehe* maaf ya bu. tapi ia memberikan sebuah studi kasus yang harus di diskusikan. dan kasus yang saya dapat kurang lebih seperti ini " jika anda mempunyai sebuah manufaktur baru dan ingin membuat sistem informasi komputer. apa yang akan anda buat terlebih dahulu apakah sistem informasi ankutansi ataukan sistem yang membantu pemesanan bahan-bahan mentah untuk keperluan perusahaan. apa pilihan anda dan berikan alasannya.... "

dan menurut saya yang sistem yang lebih dahulu perlu dibuat adalah sistem informasi akutansinya karena Sistem informasi akuntansi atau SIA mengatur daripada sistem lainnya yang ada. sehingga untuk manufaktur baru dengan lebih dahulu membangun SIA dapat memudahkan pekerjaan bagi pengaturan Sistem perusahaan tersebut di masa yang kan datang. walaupun mungkin dari segi biaya jauh lebih mahal daripada kita membuat sistem yang hanya untuk membantu pemesanan bahan-bahan mentah untuk keperluan perusahaan.

selain itu SIA memiliki manfaat antara lain :
  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  • Meningkatkan efisiensi
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  • Meningkatkan sharing knowledge
  • menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan
yah menurut saya seperti itu. mungkin saja benar..hhhehhee
:)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar