Senin, Maret 01, 2010

tips insomnia


insomnia atau susah tidur.... emm~ pasti kita semua pernah ngalamin hal ini, coba bayangin aja kita sudah berbaring di tempat tidur dan sudah siap untuk tidur tapi tetap saja matanya gak mau merem dan gak bisa bawa kita ke alam mimpi. huft!!! pasti buat kita kesal sendiri apalagi kalau besok paginya kita harus bangun pagi karena ada kuliah yang dosennya killer banget sampai kita gak boleh telat walau cuma 1 menit atau ada ujian..wuuuuuuuuaaaaahhhh!!!! sebel banget dah.. udah kita meremin tuh mata, tapi tetep aja kita masih terjaga..

tapi tahu gak sih kalu kita suka insomnia bisa buat kita gemuk lochhh!!!! >.<>
  • berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.

  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

  • Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

  • Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

  • Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

  • Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

  • Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

semoga tipss ini bisa membantu anda yang suka mengalami insomnia........^selamat mencoba^
semoga bisa beristirahat dengan nyenyak ^^

sumber:http://www.blogdokter.net/2008/07/23/tips-mengatasi-susah-tidur-insomnia/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar