Minggu, Juni 06, 2010

Biaya (cost) dan Pendapatan (Revenue)

biaya (cost)
Dalam arti sempit, biaya merupakan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva, sedangkan dalam artian luas, biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang dapat diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.

Biaya terbagi dua jenis :
• Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang
• biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penyusutan barang modal

macam – macam biaya

1. Menurut Mulyadi (2005:14) terdapat berbagai macam biaya dalam satu perusahaan yaitu :
  • Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi
  • biaya pemasaran merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk.
  • biaya administrasi dan umum merupakan biaya-biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk.
2. Biaya jangka pendek

  • Biaya total(total cost) merupakan jumlah dari biaya tetap dengan biaya variable.
  • Biaya tetap(fixed cost) adalah tegantung dari jumlah produksi,misalnya biaya modal, biaya gaji,sewa gedung dll.
  • Biaya variable(variable cost) adalah biaya yang besarnya tergantung dari tingkat produksi misalnya biaya bahan baku, upah buruh.
Rumus :TC= FC+TVCTotal cost= fixed cost+ variable cost


3. Biaya Peluang
Biaya peluang merupakan salah satu cara untuk melakukan perhitungan dari sesuatu biaya. Bukan saja untuk mengenali dan menambahkan biaya ke proyek, tetapi juga mengenali cara alternatif lainnya untuk menghabiskan suatu jumlah uang yang sama. Keuntungan yang akan hilang sebagai akibat dari alternatif terbaik lainnya; adalah merupakan biaya peluang dari pilihan pertama.

4. Biaya Pabrikasi/Manufacturing Cost diklasifikasikan dalam:
  • • Bahan Langsung (Direct Material).
  • • Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor).
  • • Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead) yaitu biaya selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung.
5. Biaya Non-pabrikasi/Commercial Expenses diklasifikasikan:

  • • Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
  • • Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
6. Prime Cost (Biaya Utama)
adalah jumlah bahan langsung dan tenaga kerja langsung

7. Conversion Cost (Biaya Konversi)
adalah jumlah tenaga kerja langsung dan overhead pabrik


Volume biaya Produksi diklasifikasikan :
Biaya Tetap (FC) : Biaya yang tidak bertambah seiring dengan pertambahan produksi.
Biaya Variabel (VC) : Biaya yang bertambah seiring dengan pertambahan produksi.
a) Total Biaya (TC) keseluruhan biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi sampai terciptanya barang.
Rumus : TC = TFC + TVC
b) Biaya Perunit (AC) : Biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi 1 unit barang jadi.
Rumus : AC = TC / Q
Q ialah Produk.
c) Biaya Marginal (MC) : Tambahan biaya karena menambah 1 unit barang yang diproduksi




PENDAPATAN (REVENUE)

Misalkan kegiatan perekonomian suatu negara disederhanakan seperti berikut. Perusahaan memproduksi barang dan jasa (Output nasional) kemudian perusahaan menjual barang dan jasa ke sektor rumah tangga. Dengan demikian terdapat pengeluaran rumah tangga untuk membeli barang dan jasa (pengeluaran nasional). Selanjutnya dari hasil penjualan tersebut perusahaan harus membayar balas jasa untuk faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa tersebut.

Salah satu indicator tealah terjadinya alokasi yang efisien secara makro adalah nilai output nasional yang dihasilkan sebuah perelonimian pada suatu periode tertentu. Sebab, besarnya output nasional dapat menunjukkan beberapa hal penting dalam sebuah perusahaan.

Harus diingat bahwa arus lingkaran output, pengeluaran dan pendapatan itu merupakan tiga cara untuk melihat Pendapatan Nasional. Jadi Pendapatan Nasional dapat didefinisikan :

* Nilai barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam satu periode tertentu (satu tahun)
* Jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan itu.
* Jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa tersebut.


yang berhubungan dengan Pendapatan:

  • Total Revenue (TR) Yaitu total pendapatan yang akan diperoleh seorang produsen apabila memproduksi sejumlah unit barang tertentu.
  • Kuantitas Barang ( Q ) yaitu total jumlah barang yang diproduksi oleh seorang produsen
  • Average Revenue ( AR ) yaitu harga rata – rata unit barang AR = TR /Q

Seorang produsen yang rasional pasti mengharapkan pendapatan yang dia peroleh harus lebih besar dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkannya.
Dimana
 = TR – TC
TR = TC Perusahaan BEP ( Break Event Point)
TR > TC Perusahaan laba
TR <> TC Perusahaan rugi.

sumber: file:///C:/Documents%20and%20Settings/benq/My%20Documents/Downloads/tugas%20tou/Biaya%20dan%20Pendapatan%20%C2%AB%20Pyia%27s%20Blog.html

http://dimasmadang.wordpress.com/2010/06/01/ilmu-dasar-ekonomi/#more-86

http://riaawalliya.ngeblogs.com/2010/06/04/ekonomi/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar