Selasa, Juni 08, 2010

keamanan komputer

Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Menurut Garfinkel dan Spafford, ahli dalam computer security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Keamanan komputer memiliki 5 tujuan, yaitu:

1. Availability

2. Confidentiality

3. Data Integrity

4. Control

5. Audit

Keamanan komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang tidak boleh dilakukan komputer. Ini membuat keamanan komputer menjadi lebih menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar. Persyaratan negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk verifikasinya, yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer. Keamanan komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat ditegakkan.

Pendekatan yang umum dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer antara lain adalah dengan membatasi akses fisik terhadap komputer, menerapkan mekanisme pada perangkat keras dansistem operasi untuk keamanan komputer, serta membuat strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.

Tips keamanan komuter

1. Instal Anti-virus Software

Anti-virus software ini dirancang untuk mengidentifikasi, menetralisir dan membasmi virus yang dapat membahayakan komputer Anda, menghancurkan data Anda, atau mengeksploitasi kerentanan yang memberikan spammer dan akses penipu ke rekening Anda. Pilih kualitas yang baik, bebas anti-virus program atau salah satu produk komersial yang terkenal. Berhati-hatilah ketika Anda mendownload sebuah program memastikan itu dari sebuah situs terkemuka yang Anda percaya atau pergi ke situs web produsen. Agar efektif, memperbarui perangkat lunak anti-virus secara teratur untuk mendapatkan definisi virus yang terbaru. Kebanyakan komersial anti-virus program memiliki fitur update secara otomatis dan dianjurkan bahwa Anda menggunakannya. Untuk kenyamanan Anda, jadwal scan untuk menjalankan ketika Anda tidak menggunakan komputer, karena sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan scan dapat memperlambat Anda.

2. UPDATE!
Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan.Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.. Atau saat berkunjung ke suatu website muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download
Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.


5. . Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”


Aktifkan Firewall yang
Firewall melindungi komputer Anda dari lalu lintas Internet atau informasi yang masuk dalam bocor keluar. Sementara perangkat lunak anti-virus scan email dan file, firewall bertindak sebagai anjing penjaga, menjaga sistem anda aman dari entri yang tidak sah. Hal ini juga blok komunikasi ke dan dari komputer Anda. Untuk menjamin perlindungan tertinggi, yang terbaik untuk menggunakan kedua perangkat lunak firewall dan anti-virus.

Instal Anti-spyware Software
Spyware dan adware dapat menyebabkan berbagai hal seperti pop-up, pemasangan tak terduga atau ikon toolbar, redirect ke situs yang tidak patut, kunci yang tidak berfungsi, pesan kesalahan acak dan kinerja lamban. Jenis malware yang diinstal pada komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda, dan dapat memantau dan dalam beberapa kasus kontrol komputer Anda.Untuk menurunkan risiko infeksi, gunakan perangkat lunak anti-spyware dan adware. Bahkan, banyak ahli menyarankan menggunakan setidaknya dua program yang berbeda untuk jangkauan yang lebih luas.

Gunakan addon WOT
Untuk pendekatan keamanan berlapis, menginstal addon Firefox Web Trust atau plugin IE untuk memperingatkan Anda tentang spyware, virus, spam, usaha phishing, eksploitasi browser, toko online tidak dapat diandalkan dan penipuan online sebelum Anda klik. Berbagi pengetahuan dan pengalaman dari website dengan orang lain menggunakan scorecard keamanan Internet WOT

sumber:

http://wikipedia.org

http://lhagima.wordpress.com/2010/05/30/tips-keamanan-komputer-oleh-mywot/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar