Selasa, Juni 08, 2010

Perkembangan Mouse Dan Pengelolaannya

Perkembangan Mouse dan Pengelolaannya pada Sistem Operasi

Salah satu dari fungsi utama dari system operasi adalah mengatur perangkat input dan output pada system computer. System operasi harus dapat menberikan perintah pada perangkat input dan output , menangkap interupsi dan memperbaiki bila terjadi kesalahan (error). Selain itu system operasi juga harus menyediakan interface antara perangkat tersebut dengan keseluruhan system yang ada.



Pada pembahsaan ini saya akan membahas salah satu perangkat input (input device) yang sering kita gunakan dalam pemakaian computer yaitu mouse. Mouse adalah input device yang berfungsi untuk mengerakkan pointer pada layar monitor dan mejalankan icon perintah yang tampak pada layar. Mouse berfungsi ibarat tangan pada manusia yang dapat melakukan apapun yang kita inginkan.. Sehingga mouse yang dalam bahasa Indonesia berarti “tikus” sangat berguna untuk kita dalam menggunakan computer. Walaupun saat ini pada computer portable (laptop) sudah terdapat trackped namun kita kadang lebih suka mengunakan mouse agar lebih leluasa.

Mouse mengalami perkembangan yang signifikan walau terkesan lambat jika kita bandingkan dengan perangkat hardware lainnya. . Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.

Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.

Jenis-jenis mouse antara lain :

· Mouse Bola



Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari jempolnya, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.

· Mouse Optikal



Selain mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya sehingga menghambat putaran pada roda-roda sensor gerak vertikal dan horizontalnya dan berakibat mouse seolah-olah tidak merespon gerakan dari pengguna.

Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru—abu-abu. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.

·

Mouse Laser

Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 100 0. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED digunakan oleh mouse optikal. Saat ini mouse laser belum banyak digunakan, mungkin karena harganya yang masih mahal.

Dari semua perkembangan mouse, yang tidak banyak berubah adalah jumlah tombolnya. Semua mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol. Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft Windows, memiliki dua tombol. Beberapa mouse modern juga memiliki sebuah Wheel untuk mempermudah scrolling. Sementara itu, Apple Macintosh memperkenalkan mouse satu tombol.

Mouse modern juga mengalami inovasi pada saran konektivitasnya pada komputer, yaitu menggunakan teknologi wireless seperti Infra Red, gelombang radio ataupun Bluetooth. Mouse wireless yang populer saat ini menggunakan gelombang radio ataupun Bluetooth. Sedangkan mouse yang menggunakan Infra Red kurang begitu populer karena jarak jangkauannya yang terbatas, selain itu juga kurang praktis karena antara mouse dan penerimanya tidak boleh terhalang dan harus berada pada rentang sudut tertentu.

Sistem operasi baik Microsoft Windows , Linux , Unix OS-X memerlukan mouse sebagai pointer untuk memudahkan navigasi pada aplikasi/program. Dengan kita hanya mengerakkan mouse dan system operasi akan memindahkan pointer ke manapun sesuai dengan pergerakan mouse kita.

Pada system operasi Windows untuk mengatur penggunaan mouse dapat dilakukan di Control Panelnya. Pada Control panel kita dapat mengatur kecataan gerakan mouse, jenis pointer yang kita gunakan, dan pendukung mouse lainnya.



Selain itu juga kita dapat menganti pointer dari mouse yang kita inginkan dengan mengunakkan aplikasi Corsor XP. Pada aplikasi ini kita dapat menganti pointer sesuai gambar yang kita inginkan hal ini dapat membuat kita merasa nyaman dan tidak cepat bosan dengan pointer yang ada biasanya. Namun penggunaan aplikasi ini juga membutuhkan alokasi memori sehingga mengakibatkan pergerakan pointer akan sedikit lambat. Link untuk mendownload cursor XP: http://www.ziddu.com/download/3500185/cursorxp_free.exe.html



Beberapa istilah penggunaan Mouse :

Klik mouse : Menekan tombol kiri mouse sebanyak satu kali

Double Klik : Menekan tombol kiri mouse sebanyak dua kali dengan cepat

Drag and Drop : Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali

Klik Kanan : Menekan tombol kanan mouse sebanyak 1 kali

Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke bawah

Sumber :

http://nulibya.wordpress.com/2007/08/13/perkembangan-mouse-2

http://www.vitanouva.net/index.php?topic=762.0


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar