Minggu, September 26, 2010

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan sebuah interaksi antara sesamanya. saat manusia saling bersosialisasi dan berinterakaksi diperlukan sebuah alat yang memudahkan semua itu terjadi. Alat yang penting dipergunakan untuk berinteraksi dan komunikasi adalah bahasa. Bahasa sendiri tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga dapat dipergunakan untuk penggungkapan perasaan seseorang.

Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa yang memiliki berbagai keanekaragamannya masing-masing. Hampir setiap suku di Indonesia memiliki bahasa tersendiri sesuai dengan daerahnya atau disebut juga bahasa daerah. Dikarekan kondisi yang seperti itu saat ini Indonesia memiliki bahasa resmi yang disebut Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dapat berkembang dan beradaptasi dengan bahasa daerah secara baik. Karena bahasa daerah sendiri tak kehilangan peranannya sebagai bahasa sehari-hari .

bahasa indonesia adalah lambang kembanggaan rayak indonesia oleh karena itu fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia di tengah-tengah masyarakat Indonesia sangatlah penting. Karena bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai identitas bangsa indonesia. 

kedudukan bahasa Indonesia

bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang penting sejak zaman sebelum kemerdekaan hal ini terlihat dari diikrarkannya bahasa indonesia pada saat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang berbunyi : 
"”Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."
kedudukan bahasa indonesia semakin di perkuat dengan dikeluarkannya Undang-Undang Dasar RI 1945 Bab XV (Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan) Pasal 36 menyatakan bahwa
”Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

dari kedua bukti tersebut maka funsi dan kedudukan bahasa indonesia dapat diuraikan sebagai berikut : 
1. Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional
2. Funsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Resmi Negara


Fungsi Bahasa Indonesia 

pada seminar politik Bahasa Nasional yang di adakan pada tanggal  25 - 28 Feburuari 1975 dihasilkan bahwa " Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai Bahasa Nasional berfungsi sebagai 
(1) lambang kebanggaan nasional, 
(2) lambang identitas nasional, 
(3) pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial budaya bahasa, dan
 (4) alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1975:5). Beriringan dengan pesatnya perkembangan Bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional, teraktualisasikan pula perkembangan bahasa daerah sebagai lambang identitas daerah yang keberadaannya diakui di dalam UUD 1945 yang secara bersamaan dengan Bahasa Indonesia menghadapi arus globalisasi."

selain itu pada Seminar tesebut juga dihasilkan  bahwa " Bahasa Indonesia sebagai Kedudukannya sebagai Bahasa Negara memiliki Fungsi sebagai  berfungsi sebagai :
1). bahasa resmi kenegaraan,
2). bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, 
3). bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, 
4). bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.


sumber : 
http://id.shvoong.com/social-sciences/1686888-bahasa-indonesia-sebagai-identitas-dan/
.http://muslich- m.blogspot.com/2007/04/kedudukan-dan-fungsi-bahasa-indonesia.html.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia 


1 komentar:

  1. Pas banget nih gw disuruh bikin karya ilmiah sama dosen, thx yaa haha

    BalasHapus