Jumat, November 26, 2010

Istilah - istilah pada Java

Definisi dari beberapa istilah pada java :

|  Class
Class adalah pemodelan dari suatu objek yang menjelaskan tentang karakteristik dan fungsi yang dimiliki oleh suatu objek
Class dapat memdeklarasikan tipe data baru. File sumber dari java harus diberi nama berdasarkan class di dalam program. Maka class disebut sebagai dasar pemrograman berorientasi objek pada java.

|  Constructor
Constructor adalah sebuah method khusus yang digunkan dalan class untuk mebuat dan menginisialisasi sebuah objek baru .Constructor berfungsi untuk menginisialisasi nilai terhadap data yang terdapat pada kelas yang berhubungan.

|  Instance Variables (tidak statis).
·         Atribut yang dimiliki oleh objek dari class yang sama
·         Tiap objek memiliki instance variable dan menyimpan nilainya sendiri. Jadi beberapa objek yang berasal dari class yang sama , nilai instance variabelnya dapat beda – beda.


|  Class Variables (statis).
·         Atribut yang dimiliki oleh semua objek yang berasal dari class yang sama
·         Semua objek memiliki nilai class variable yang sama. Jadi semua objek yang berasal dari class yang sma , nilai class variabelnya juga harus sama.

|  Objek
Objek adalah sebuah entity yang memiliki keadaan, behavior (tingkah laku) dan indentitas yang utgasnya dirumuskan di dalam suatu lingkup masalah dengan baik.
Class yang menggunakan kata kunci new secara dinamis akan mengalokasikan ruang memori untuk menyimpan suatu objek tertentu dan mengembalikan nilai yang berupa referensi ke objek yang bersangkutan.

|  Instance
Instance adalah  proses pembuatan suatu class untuk menjadi objek.

|  Instance method
Untuk memanipulasi state objek melalui pesan yang diterima dari objek lain. Ia adalah fungsi yang beroerasi pada objek.

atribut
atribut adalah identitas dari sebuah object. atribut menunjukan informasi tentang sebuh object. Seperti object mahasiswa memiliki atribut NPM,nama,kelas,dsb

Method
method adalah sebuh tingkah laku (behavior ) dari sebuah object. berbeda dari atribut method menjelaskan tentang funsi dan prosedur pada sebuah object. seperti Mahasiswa memiliki method belajar, kuliah, makan,dll.


package 
package adalah pengelompokan beberapa class dan interface dalam satu unit. package menyediakan mekanisme untuk mengatur class dan interface dalam jumlah banyak dan menghindari konflik pada penamaan.

enkapsulasi 
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.

Abstaksi
abstaksi adalah mengabaikan aspek dari subjek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak yang mengkonsentrasikan yan ada saja

Inheritance
Inheritance (penurunan sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada pemrograman prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.

Polimorfisme
Polymorphism adalah suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek.
Atau Polymorphic dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.

Interface 
Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau constant). Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface



1 komentar:

  1. ijin sedot ya gan and ijin ctrl+D

    kutipannya bagus :D

    BalasHapus