Rabu, November 17, 2010

Pembunuh Memori

otak kita menyimpan berbagai memori sejak kita kecil hingga dewasa. namun terkadang kita lupa akan sesuatu hal yang mungkin saja itu penting, hal ini disebabkan oleh "pembunuh memori". pembunuh memori adalah hal-hal membuat kita tidak dapat menyimpan informasi atau melupakan informasi begitu saja, serta ia akan mempengaruhi proses memngingat manusia. Dikutip dari detikHealt.com ada 6 hal yang dapat menjadi "pembunuh memori " 


  • Stress
Mungkin sudah tak asing lagi kita mendegar bahwa stres sangant mempengaruhi daya ingat kita. Ketika sesuatu terjadi secara mengejutkan atau adanya tekanan yang besar, maka memori atau kenangan yang ada di otak tidak akan dapat diakses. Karena itu jika seseorang mengalami stres yang terus menerus nantinya bisa mempengaruhi kemampuan memorinya.
  • Merokok
selain memang berbahaya bagi tubuh meroko juga mempengaruhi penurunana memori . Beberapa studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan memori dan kemampuan kognitifnya dibandingkan dengan orang yang non-perokok. Selain itu efek jangka panjang merokok dari waktu ke waktu bisa menyebabkan penurunan mental.
  • Minuman Keras 
minuman keras memang mengadung bahan - bahan yang sebenarnya berbahaya , sehingga ia dapat menjadi salah satu "pembunuh memori". ketika seseorang minum minuman keras ia akan menjadi mabuk dan lupa apa yang ada di sekitarnya, itu lah yang menyebabkan ia mengalami penurunan memori.
  • Herpes
Herpes merupakan salah satu kondisi atau gangguan kesehatan yang bisa menjadi pembunuh memori nyata. Bentuk herpes yang lebih serius yaitu ensefalitis herpes simpleks bisa membuat seseorang mengalami kehilangan memori parah. Kondisi ini bisa terjadi jika virus herpes menemukan jalan untuk masuk ke otak manusia melalui saraf wajah.
  • Hipnotis
Selama ini hipnotis diketahui dapat mengungkapkan memori seseorang yang ditekan atau dilupakan, tapi kadang proses ini diikuti dengan hilangnya beberapa memori yang dikenal sebagai amnesia pasca hipnotis. Karenanya diharapkan suatu hari nanti ada teknologi yang bisa mengambil kenangan atau memori tertentu di otak tanpa perlu melakukan hipnotis.
  • Malnutrisi

Otak membutuhkan bahan bakar khususnya dari glukosa. Jika seseorang kekurangan bahan bakar atau mengalami malnutrisi, maka kekuatan otak dalam menyimpan memori juga akan pendek. Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan retrogade parah serta amnesia anterograde, termasuk lupa dengan apa yang baru saja diomongkannya.


sumber ;

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar