Minggu, Desember 19, 2010

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer atau Human Computer Interation (HCI) adalah suatu rancangan system Komputer yang mendukung kerja manusia. Antara manusia dengan computer terjadi sebuah interaksi yang dapat dilakukan dengan beragam cara antara lain dengan berdialog, menggunakan suatu symbol-simbol yang diciptakan sendiri oleh manusia.
            Diperkenalkannya Interaksi antara manusia dengan computer berawal dari sulitnya manusia untuk memggunakan computer yang tidak praktis dan masih rumit. Pada waktu tahun 50-an computer sendiri adalah mesin yang sangat mahal dan besar sehingga hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja seperti, ahli teknik dan ilmuan. Namun setelah diperkenalkan PC (Personal Computer) maka berkembang pula berbagai aspek kehidupan. Dengan berkembangnya teknologi berkembang pula rancangan sistemnya.
Rancangan system harus dapat memenuhi kebutuhan pemakai sehingga rancangan system harus berorientasi kepada pemakai computer secara awam ( end user). Maka diperkenalkan lah teknik antarmuka pengguna ( user Interface) yang lebih dikenal dengan “Man Machine Interaction” (Interaksi Manusia-Mesin).
Pada Interaksi Manusia-Mesin (MMI) hanya berfokus terhadap aspek keindahan atau estetika dari tampilan pada layar saja. Tanpa memperhatikan aspek kemudahan untuk penggunanya. Sehingga pada tahun 80-an diperkenalkan “Human Computer Interaction” atau Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).
Pada IMK cakupan fokusnya jauh lebih luas  tidak hanya berfokus kepada estetika User Interface saja namun juga memperhatikan segala aspek yang ada pada Komputer sehingga manusia lebih mudah mempergunakannya. Sehingga IMK  berkembang sebagai sebuah displin ilmu yang mempelajari aspek – aspek pemakai, implementasi system rancangannya dan fenomena lingkungannya.
Tujuan dari IMK sendiri adalah untuk menghasilkan system yang bermanfaat(usable) dan aman(safe). Seperti fungsi dari system yaitu mengembangkan (develop) dan menyempurnakan (improve) dalam :
  • ü  Keamanan (Safety )
  • ü  Utilitas (Utility)
  • ü  Ketergunaan (Usability)
  • ü  Efektifitas
  • ü  Efisiensi

System yang dimaksud diatas tidak hanya pada perangkat keras ( hardware) dan perangkat lunak (software) tapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan , baik lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Pada utilitas lebih mengarah pada funsionalitas system sehingga system dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerjanya. Ketergunaan system adalah kemudahan digunakan dan kemudahan dipelajarinya secara individu dan juga secara kelompok.
Komponen dari IMK adalah :
Ø  User
User disini adalah pengguna secara individu ataupun kelompok yang bekerja sama dalam organisasi. User berusaha meyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bantuan teknologi ( computer).
Ø  Computer
Komputer adalah sebuat teknologi yang mengontrol suatu proses atau system. Ada berbagai jenis computer  mulai dari yang bersekala besar seperti computer super hingga yang kecil seperti PC dan laptop. Selain itu computer juga ditempelkan atau dicangkokkan ( embedded system) ke suatu benda seperti, handphone.


Ø  Interaksi
Komunikasi yang terjadi antara user dan Komputer dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi disini melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan control hasil kinerja dari suatu kerja.
Interaksi yang baik antara user dan Komputer dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan pekerjaan sehingga menghasilkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan dan tepat waktu.
Displin ilmu yang ada pada IMK antara lain :
  • ·         Ilmu Komputer ( disain aplikasi & teknik human interface)
  • ·         Pisikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis prilaku user)
  • ·         Sosiologi dan astropologi ( inertaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
  • ·         Industrial design (produk interaktif)
  • ·         Teknik sipil (infrastruktur fisik)
  • ·         Teknik Mesin (robotika)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar