Jumat, Desember 17, 2010

sekilas tentang bahasa pemograman Python


Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Seperti halnya bahasa pemrograman dinamis, python seringkali digunakan sebagai bahasa skrip dengan interpreter yang teintergrasi dalam sistem operasi. Saat ini kode python dapat dijalankan pada sistem berbasis:
§  Linux/Unix
§  Windows
§  OS/2
§  Amiga
§  Palm
§  Symbian (untuk produk-produk Nokia)

Tetapi, sejak mulai dikembangkan pada akhir tahun 1980-an oleh Guido Van RossumPython tidak surut dengan pergerakan teknologi yang pesat, bahkan Python terus mengalami kemajuan dan perbaikan yang signifikan. Hingga saat ini, update terakhir adalah pada 17 Agustus 2009 yang lalu, saat Python 3.1.1 dirilis.

Python tidaklah berbisa. Kita semua tahu bahwa ular Python tidak berbisa, tetapi tetap saja mematikan. Hubungannya apa ya? Bahasa pemrograman Python juga tidak berbisa alias sangat friendly, tetapi mampu membuat killer application.

Agar anda langsung memperoleh gambaran dan fakta yang jelas mengenai kemampuannya, berikut beberapa aplikasi populer yang dibuat dengan Python :

  • 1.      BitTorrent.

Merupakan aplikasi yang tentu sudah tidak asing lagi (terutama bagi anda yang memiliki koneksi internet unlimited), yaitu sebuah program peer-to-peer untuk melakukan upload/download file melalui protokol BitTorrent. Awalnya, BitTorrent ditulis dengan Python dan merupakan software gratis. Tetapi, sejak versi 6.0 ke atas, BitTorrent ditulis dengan menggunakan C++ dan merupakan software proprietary.

  • .      Yum.

Yellow dog Updater, Modified atau dikenal dengan YUM, merupakan sebuah utiliti RPM manajemen paket berbasis command line yang dikenal pada sistem operasi Linux. Eksistensi Python memang sudah cukup dikenal pada distro-distro Linux, juga sering digunakan sebagai bahasa scripting yang embedded pada berbagai aplikasi, diantaranya GIMP, Rhyhmbox, dan Vim.

  •       Plone.

Merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang memiliki tingkat security yang sangat baik dan memiliki berbagai fitur yang menarik.

  •       Civilization 

Game komputer dengan genre strategi dan telah dirilis dengan berbagai bahasa. Game ini menggunakan Python untuk melakukan berbagai fungsi, seperti menghasilkan peta, event, dan berbagai interface pada game tersebut.

Dan masih banyak lagi contoh lainnya. Python tidak terbatas untuk pembuatan aplikasi tertentu. Selain contoh-contoh aplikasi populer diatas, berbagai aplikasi seperti instant messagingdatabasemedia playerweb framework, dan lainnya, juga dapat dihasilkan oleh bahasa pemrograman Python.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai python, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5411/1/JURNAL%20INDAH.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus